Back To Normal
Cara Menonaktifkan Klik Kanan di Blogger (Blogspot)

29 April 2015

Cara Menonaktifkan Klik Kanan di Blogger (Blogspot)




Pernahkah kamu mengunjungi blog atau website yang menonaktifkan klik kanan (Right Click) ?
Pastinya pernah, karena ada banyak situs web yang sengaja mencegah pengunjungnya untuk menggunakan klik kanan pada mouse di area blog atau website mereka. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyalinan text atau gambar pada blog atau website tersebut.

Fungsi right-click atau klik kanan pada setiap browser internet (IE, Chrome, Firefox, dll.) biasanya dipakai untuk mengcopy text, mengcopy gambar, membuka link, ini sangat berguna untuk memberi kenyamanan pengunjung ketika sedang browsing di web atau blog kita.  Tapi tidak sedikit blogers atau pemilik web yang menonaktifkan klik kanan (Disable Right Click) untuk melindungi text, gambar dan Link mereka. Berikut ini adalah tutorial cara menonaktifkan klik kanan di blog yang berbasis Blogger (Blogspot) :

  1. Download terlebih dahulu Skripnya disini  : kode-disable-klik-kanan-blogger.txt. Buka file tersebut dengan text editor seperti Notepad, kemudian Copy semua script yang ada di file tersebut.
  2. Masuk ke Dashboard blog kamu, kemudian ikuti langkah-langkah beserta gambar dibawah ini.

Step 1 - Menonaktifkan Klik Kanan di Blogger-Blogspot
Langkah 1 - Pilih Menu Layout pada Dashboard

Step 2 - Menonaktifkan Klik Kanan di Blogger-Blogspot
Langkah ke 2 - Klik Add a Gadget
Langkah ke 3 - Pilih dan Klik Gadget HTML/JavaScript
Langkah ke 4 - Paste script tadi di bagian Content, Kemudian Klik Save
Langkah ke 5 - Setelah muncul lagi halaman Layout, klik Save arrangement

Sekarang lakukan pengetesan, kunjungi blog kamu kemudian coba klik kanan pada mouse. Jika muncul seperti gambar dibawah, dan muncul pesan popup “Klik Kanan Di Nonaktifkan!” , berarti kita sudah sukses melakukan tutorial Cara Menonaktifkan Klik Kanan di Blogger (Blogspot) ini.

Contoh jika Tutorial Berhasil

Untuk Menonaktifkan Klik Kanan di Blog atau Website berbasis Wordpress klik disini : Cara Menonaktifkan Klik Kanan Pada Wordpress


No comments:

Post a Comment